Karimunjawa dengan 1,1 Juta Rupiah Saja! Udah Termasuk Semuanya Lo

Karimunjawa dengan 1,1 Juta Rupiah Saja! Udah Termasuk Semuanya Lo

Keindahan Karimunjawa sebenarnya melegenda. Kalau kamu pingin berlibur ke pulau-pulau yang eksotis dengan pantainya yang menawan, gak harus jauh-jauh; Karimunjawa dapat menjadi pilihan. Kepulauan yang terletak di utara Jepara ini dapat memicu liburanmu menjadi gak terlupakan.

Setelah membicarakan trip irit lokal ala backpacker ke Bali dan Gili Trawangan, kali ini harapan kamu untuk berlibur murah ke Karimunjawa terjawab sudah. Kalau ikut tur wisata, harga yang dipatok kurang lebih Rp1,3 juta hingga Rp1,9 juta. Sedangkan jika berwisata sendiri dengan hemat, kamu hanya harus mengeluarkan duit kurang lebih Rp1,1 juta. Di artikel ini Hipwee membicarakan apa saja yang dapat kamu laksanakan di kepulauan ini dan rincian cost yang harus kamu keluarkan.

1. Yuk membelah lautan menuju Karimunjawa naik kapal ferry. Pemandangannya indah banget!
Terletak di 83 kilometer utara Jepara, kamu harus membelah Laut Jawa untuk hingga ke Karimunjawa. Dari Jakarta, kamu dapat naik KA Tawang Jaya yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen ke Stasiun Semarang Poncol dengan Rp170.000 (kelas ekonomi, berangkat pukul 06.55). Sampai Semarang, kamu tetap harus meneruskan perjalanan ke Pelabuhan Kartini Jepara Karimun Jawa .

Nah, penyeberangan dari Jepara ke Karimunjawa dengan feri KMP Siginjai dijadwalkan tiap-tiap Senin, Rabu, dan Sabtu pukul 7 pagi (lengkapnya menyaksikan di sini: http://eatourkarimunjawa.com/harga-tiket-kapal-karimunjawa-terbaru-2019/). Kamu yang gunakan KA Tawang Jaya dari Jakarta yang tiba pk. 13.23 tetap punya pas memadai lama untuk menjelajah Semarang dan dapat bertolak ke Jepara esok paginya. Tapi ingat, jangan hingga ketinggalan feri lho! Kalo kamu takut terlambat, lebih baik nge-camp di Pelabuhan Kartini. Tarif KMP Siginjai Kelas Ekonomi Rp72.000.

Oh iya, aspek cuaca benar-benar menentukan keberangkatan kapal feri maupun speedboat. Saat ombak mengganas, kebanyakan kapal termasuk ogah berlayar. Biar aman sih, sebaiknya kamu memiliki rencana ke Karimunjawa pas musim kemarau atau di musim pas ombak tengah tenang.

2. Lebih baik menginap di wisma, homestay, atau rumah warga supaya lebih hemat
Sampai di Karimunjawa, kamu dapat menginap di wisma atau homestay murah yang harganya berkisar pada 125 ribu—250 ribu per malam. Kalo rela penginapan yang unik, kamu dapat mencoba Wisma Apung yang 10 menit menyebrang gunakan kapal dari Pulau Karimun Besar. Harganya jadi dari Rp150.000. Sebelum menginap, biasakan untuk menghubungi pihak penginapan untuk mengetahui harga sekaligus reservasi.

Sebagian masyarakat setempat termasuk menyulap rumahnya sebagai area menginap dengan harga yang lebih miring dibanding wisma maupun homestay. Pas banget kalo kamu pingin menghemat bujet akomodasi seirit mungkin. Mau lebih irit lagi? Bawa tenda dan kemping di pinggir pantai!

Sekadar info, listrik di Karimunjawa menyala dari pukul 6 sore–6 pagi, jadi, gunakan pas berikut untuk mengecas gadgetmu di penginapan.

3. Nggak harus makan mahal di Karimunjawa,cukup di warung makan murah yang banyak bertebaran aja

Soal makan, kamu gak harus risau harganya mahal. Di sini terkandung sejumlah warung makan yang harganya murah, menjadi kamu gak harus risau bujet makanmu dapat membengkak. Dengan selembar 50 ribuan, kamu telah dapat makan tiga kali sehari dengan nasi dan lauk sederhana. Memang gak mewah, tetapi yang penting perutmu kenyang, kan? Oh iya, jangan lupa mencicipi makanan khas di sini, yaitu siomay Karimunjawa.

4. Lantas, ngapain aja sesampainya di sana?
Oke, setelah meletakkan barang-barang bawaanmu di penginapan, kelanjutannya kamu dapat mengeksplorasi keindahan Kepulauan Karimunjawa. Lalu, apa aja sih yang dapat kamu laksanakan di sini?

a. Mantaaai!

Sampai Karimunjawa jangan hanya mager dengan sebutan lain malas gerak di wisma, dong! Susuri pantai cantik Karimunjawa yang berpasir putih nan eksotis di sekeliling pulau. Kamu tentu jadi teduh menyaksikan hamparan laut biru yang jernih di kejauhan. Kamu termasuk dapat dengan mudah berburu sunset dan sunrise di sini. Kalo rela mager, di pantai aja, jangan di kasur wisma. Hehehe.

b. Trekking di rimba Mangrove

Kalo kamu termasuk puas dengan sejuknya pepohonan, trekking di hutan mangrove dapat menjadi pilihan. Di hutan seluas 10,5 hektar, kamu dapat menyusuri jalur trekking bersifat papan-papan kayu sejauh 2 km sambil nikmati pemandangan hijau yang meneduhkan. Ada kurang lebih 45 type mangrove di hutan ini, beberapa di antaranya adalah type langka. Tiket masuknya murah lho, hanya R5.000. Tapi, jangan lupa siapkan lotion anti-nyamuk kalo rela kemari, ya.

c. Mengunjungi pulau-pulau kecil di kurang lebih Karimunjawa

Karimunjawa merupakan gugusan pulau yang terdiri dari 27 pulau, dan hanya lima pulau yang berpenghuni. Setiap pulau menaruh eksotismenya masing-masing. Jadi, jangan lewatkan peluang berkeliling pulau dengan perahu.

Kamu dapat menyewa perahu motor dengan tarif kurang lebih 400–600 ribu. Satu perahu motor dapat mengangkut penumpang maksimal 20 orang. Cocok kalo kamu berkunjung berombongan.

d. Bercumbu dengan kehidupan bawah air Karimunjawa
Nah, ini dia aktivitas yang gak boleh kamu lewatkan pas liburan ke Karimunjawa: scuba diving dan snorkeling. Lautan Karimunjawa menaruh pesona keanekaragaman hayati laut yang luar biasa, tentunya dapat bikin kamu terkagum-kagum. Kamu dapat berfoto bareng lebih dari 200 spesies ikan sambil nikmati warna-warni terumbu karangnya yang istimewa.

Kalau kamu kebetulan bepergian dalam kelompok kecil 2-3 orang dan mengidamkan mendatangi pulau-pulau kecil sekaligus snorkeling, kamu dapat ikuti tur yang di sediakan oleh masyarakat lokal. Biasanya, kamu dapat digabung dengan kelompok tur lain. Berkeliling pulau-pulau dengan perahu, snorkeling, and makan siang dapat kamu dapatkan dengan tarif kurang lebih 150 ribu (lebih jelasnya, kamu dapat tanya ke pengelola penginapan area kamu bermalam–jangan lupa nego ya!).

Leave a Comment